Kamis, 07 Juli 2022

SOSIALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMK DAARUT TAUHID BOARDING SCHOOL

Atas ijin Allah SWT. Alhamdulillah dapat sharing bersama SMK Daarut Tauhid Boarding School. Sekolah kejuruan yang berlokasi di kawasan Bandung Utara.

Hari ini 7 Juli 2022. Merupakan hari kedua dalam acara Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Daarut Tauhid. Tiga topik utama yag dibedah. Konsep Capaian Pembelajaran, Penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alurnya, serta menyusun Modul Ajar yang didalamnya terintregasi model belar PjBl (Project Base Learning).

Sosialisasi IKM SMK Daarut Tauihid - Okeguru.Com
Penyerahan cendera mata dari Bpk Huripudin (Kepala Sekolah SMK Daarut Tauhid) kepada Bpk Yuyus Wisnurat (Narasumber)

Program Keahlian

Buat temen - temen yang mau mendaftarkan putra/i nya, ada tiga pilihan program keahlian di SMK Daarut Tauhid Boarding School.

  1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga
    Ini cocok sekali jika putra/i nya memilik minat untuk mengembankan karir dalam pengelolaan keuangan lembaga.
  2. Produksi Siaran dan Program Televisi
    Jika ingin memeliki kompetensi dalam bidang pertelevisian, ini sangat tepat sekali jadi pilihan. Apalagi diera digital, dunia industri kreatif sedang berkembang pesat.
  3. Teknik Komputer dan Jaringan
    Dunia digital sangat membutuhkan telenta yang mampu mengelola infrastruktur jaringan. Tanpa kehadiran infrastruktur jaringan, layanan teknologi digital tidak bisa dinikmati. Nah... kalau berminat menggeluti bidang Jaringan Komputer, program keahlian TKJ tepat sekali jadi plihan.

Oya temen - temen. Selain mendapatkan bekal kompetensi keahlian. SMK Daarut Tauhid memilik kurikulum khas kepesantrenan. Jadi jangan ragu dengan lulusannya. Selain kompeten dalam bidang keahlian juga memiliki karaktek unggul dalam hal kepribadian.

Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Salah satu upaya untuk memulihkan pendidikan pasca pandemik Covid-19. Pemerintah menerbitkan Kurikulum Merdeka.

Menyambut kehadiran Kurikulum Merdeka. Melalui Waksek Kurikulum SMK DT (Bpk Afif), digelar kegiatan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuannya untuk mempersiapkan guru - guru supaya dapat beradaptasi dan bisa menerima perubahan.

Saya sangat yakin dan optimis. Guru - guru SMK DT yang sebagian besar adalah guru muda dan milenial. Ditunjang dengan etos kerja yang tinggi. Serta dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan. Guru - guru dapat mengimplemenasikan Kurikulum Merdeka.

Sosialisasi IKM SMK Daarut Tauihid - Okeguru.Com

Materi Sosialisasi IKM

Supaya temen-temen guru SMK DT mudah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Berapa format yang menunjang disiapkan di bawah ini.

  1. Materi Sosialisasi IKM
  2. SK KABADAN NO. 033 Thn 2022 - Tentang CP
  3. Format Rumusan TP dan ATP
    (a) Alternatif 1
    (b) Alternatif 2
    (c) Alternatif 3
  4. Template Program Tahunan
  5. Template Modul Ajar
  6. Kumpulan 68 Model Pembelajaran
  7. LK Sintak Pembelajaran
  8. Kumpulan Contoh Modul
  9. Materi 13 Juli 2022 Penguatan IKM

Referensi Link Penting IKM

Reward Bagi Guru Kreatif

Saya sampe bingung memilih guru yang aktif. Pasalnya selama kegiatan, guru-guru aktif semua. Baik saat sesi tanya jawab atau pun saat workshop membuat rumusan Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran hingga Modul Ajar.

Akhirnya, saya serahkan saja deh kepada Pa Deni (guru TKJ) sebagai pembawa acara, untuk memilih peserta supaya mendesiminasikan hasil workshop.

Terpilihlah tiga guru yang siap melakukan disemininasi. Ada Pa Jefri, Bu Wily dan Bu Reni. Btw betul gak yaa itu nama - nama bapak ibu guru yang tampil kedepan :-). Kalau ada kesalahan, ketik aja di kolom komentar yaa.

Karena unjuk kerjanya, akhirnya saya berikan hadiah kecil. Berupa Misterius Give Away.

Selamat yaa, untuk bapak ibu guru yang mendapatkan Misterius Give Away. Bagi yang belum, Insya Allah nanti kita bertemu lagi di lain waktu.

Bu Reni guru SMK Daarut Tauhid mendapat Give Away dari narasumber.

Pa Jefri guru SMK Daarut Tauhid mendapat Give Away dari narasumber.

Bu Wily guru SMK Daarut Tauhid mendapat Give Away dari narasumber.


Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Saya Yuyus Wisnurat
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Posting Komentar