Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal IC - Integrated Circuits






Setelah mempelajaran materi ini peserta dapat:
  1. Mengenal bentuk fisik komponen IC
  2. Mengenal fungsi kaki - kai IC

Pernahkan Anda melihat komponen seperti gambar disamping ?
Yup...disamping ini adalah gambar komponen elektronika yang disebut IC (dibaca: ai-si). IC adalah kepanjangan dari Integrated Circuit, yaitu komponen elektronika yang terintegrasi sehingga menjadi fungsi tertentu.
Coba lihat ulang dengan teliti gambar IC tersebut. Apa yang terlihat dari bentuk fisiknya ?
Sudah dilihat dengan teliti ? Ok kita sama-sama sebutkan, bentuk fisik yang terlihat.
  1. Pada bagian atas terlihat ada kode IC. Kode IC menunjukkan 74LS08N, nanti kita akan bahas lebih mendalam pada topik selanjutnya.
  2. Ada kaki-kaki IC. Tampak dari depan terlihat ada 7 kaki IC. Sebenarnya dibagian belakang masih ada 7 kaki lagi. Jadi total kaki IC ada 14 kaki
IC-7408-LayoutNah, cukup jelaskan, dari mengamati gambar saja kita sudah mendapatkan banyak informasi tentang komponen IC. Selanjutnya kita akan mambahas fungsi dari kaki - kaki IC. Coba perhatikan lagi gambar di samping kanan ini !

Informasi apa yg dapat diambil dari gambar disamping ?
Kalau diamati, tertera keterangan fungsi pada kaki-kaki IC tipe 7408. Mulai dari kaki IC nomor 1 sampai dengan nomor 14.
Perhatikan kaki nomor 1,2 dan 3. Tertulis untuk nomor kaki ke 1 dan 2 sebagai input gate 1, sedangkan kaki ke 3 sebagai output gate 1.  Artinya, kaki 1, 2 dan 3 adalah serangkaian sistem yag terdiri dan 2 input dan 1 output pada IC. Mungkin akan lebih jelas jika melihat gambar di bawah ini.
 Gambar 1.3

Tampak pada gambar hubunga kaki 1,2 dan 3 kemudian kaki 4,5 dan 6 semuanya membentuk satu sistem gerbang dasar. Dan terdapat dua kaki IC lagi yang sangat penting ada kaki nomor 7 yang berfungsi sebagai Ground dan kaki 14 sebagai tegangan sumber Vcc.








Jawab Quisnya ya... klik "buka" :

5 komentar untuk "Mengenal IC - Integrated Circuits"