Jumat, 14 Juli 2023

SEHARI DI MAN 2 KABUPATEN BANDUNG

MAN 2 Kabupaten Bandung adalah Madrasah Aliyah Negeri yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Madrasah ini merupakan lembaga pendidikan Islam yang menyediakan pendidikan tingkat menengah atas dengan fokus pada pembelajaran agama dan ilmu pengetahuan umum.

Madrasah ini memiliki kurikulum yang sesuai dengan standar pendidikan nasional, dengan porsi mata pelajaran keagamaan yang tinggi. Siswa diberikan pendidikan agama Islam secara intensif, termasuk mempelajari Al-Qur'an, Hadis, fiqih, aqidah, dan akhlak.

IHT MAN 2 Kab Bandung

Hari ini mendapat undangan dari MAN 2 Kabupaten Bandung. Hari yang luar biasa dan istimewa. Karena kali pertamanya bisa hadir di sekolah yang berada dibawah binaan Departemen Pendidkan Agama.

"Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka ? Seperti apa cara buat Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pemebelajaran hingga jadi Modul Ajar? Kemudian seperti apa pembelajaran yang diharapkan di Kurikulum Merdeka ?"

Segudang pertanyaan sudah jadi topik menarik yang diharapkan bisa dibedah seharian dalam kegiatan In House Training MAN 2 Kabupaten Bandung.

Tidak banyak kajian teoritis yang disajikan. Sebagai pembukaan, saya ajak teman - teman guru untuk bermain peran. Diawali dengan membuat komitmen dalam skenario kogiatan yang terdiri dari tiga tahapan. Apersepsi bersama, demonstrasi dan ditutup dengan micro teaching.

Setiap guru memegang kertas putih. Dikedua sisinya ditulis observasi dan refleksi. Bagian observasi diisi dengan instruksi yang dilakukan saat memainkan peran sebagai siswa. Pertanyaan, teknik observasi, cara mengasosiasi, dan mempraktikan membuat karya hingga mempresentasikan.

Bagian catatan refleksi diisi dengan hasil pembelajaran bermakna yang diperoleh. Saat membedah cara menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), membuat Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) hingga kaidah menyusun Modul Ajar (MA).

IHT MAN 2 KAB. BANDUNG

Setiap keseruan dialalui selama kegiatan. Ketika metode praktik baik jadi pilihan bersama dalam memahami pembelajaran dengan paradigma kurikulummerdeka.

Pa Budi Wakasek Kurikulum MAN 2 Kab. Bandung mengatakan, bahwa kegiatan ini memberikan pencerahan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka. Tidak sekedar teknik analisis Capaian Pembelajaran hingga penyusunan Modul Ajara. Tapi mendapatkan juga gambaran model pembelajaran yang dapat jadi pilihan saat didalam kelas.

IHT MAN 2 KABUPATEN BANDUNG

Setiap guru diajak terlibat. Mengalami langsung proses pembelajaran dengan paradigma baru. Supaya dapat memainkan peran guru dalam merdeka belajar sebagai fasilitator pembelajaran yang didukung oleh kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial

IHT MAN 2 KABUPATEN BANDUNG

Saya memiliki banyak keyakinan. Guru - guru MAN 2 Kabupaten Bandung memiliki kreatifitas tinggi dalam menghadirkan pembelajaran menggunakan paradigma Kurikulum Merdeka.

IHT MAN 2 KABUPATEN BANDUNG
Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

6 comments:

  1. terimakasih ilmunya pa. semoga bermanfaat. sehat selalu buat pa yuyus

    BalasHapus
  2. Trimaksih atas ilmu yang diberikan sukses selalu Pa Yuyus Wisnurat ...good job....👍👍👍

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah haturnuhun atas ilmu nya pa Wisnu,sukses selalu...

    BalasHapus