Rabu, 12 Juli 2023

EMPAT JAM SETENGAH BERMAKNA

SMK Daarut Tauhid Bandung adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Daarut Tauhid dengan tujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan bernilai agama kepada para siswa.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, perpustakaan, dan ruang olahraga. Selain itu, SMK Daarut Tauhid Bandung juga menawarkan berbagai program kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri, seperti Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, dan Manajemen Informatika.

Tidak hanya fokus pada pendidikan kejuruan, SMK Daarut Tauhid Bandung juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan agama dan moral. Setiap harinya, para siswa diberikan pelajaran agama Islam dan pembinaan karakter yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang bertakwa, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Hari ini jadi istimewa. Kembali mendapatkan kesempatan untuk sharing bersama guru - guru SMK Daarut Tauhid. Membahas Implementasi Kurikulum Merdeka. Membedah cara membuat Modul Ajar.

Pa Jeffri salah salah satu guru SMK Daarut Tauhid menceritakan. Bersama degan guru bahasa Sunda Bu Risma melakukan kolaborasi pembelajaran dengan menggelar karya puisi. Pa Jefri merasa belum optimal melakukan pembimbingan terhadap siswa ihwan. Sedangkan melihat penampilan siswa akhwat terlihat sesuai harapan.

"Apakah saya gagal dengan kolaborasi ini ?" Tanya Pa Jefri.

Justru disini keberhasilan Pa Jefri. Sudah berhasil melakukan kolaborasi pembelajaran lintas mata pelajaran. Keberhasilan ke dua, Pa Jefri berhasil menemukan permasalahan yang akan menjadi kajian dengan pasangan guru kolaborasinya.

Tidak sedikit. Guru - guru merasa kesulitan menemukan ide untuk melakukan kolaboras pembelajaran dengan guru lainnya.

Masih banyak cerita saat kegiatan IHT di SMK Daarut Tauhid. Empat jam setengah bermakna. Banyak hal yang ditemukan dari praktik baik yang sudah dilakukan guru - guru SMK Daarut Tauhid dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Posting Komentar