Jumat, 09 Agustus 2024

Membangun Kreativitas Guru Melalui Self Learning Pembuatan Video Media Pembelajaran

Self Learning Video Pembelajaran BPSDM

Peran guru tidak lagi terbatas pada pengajaran di dalam kelas. Guru juga diharapkan mampu menjadi konselor, mentor, dan coach bagi siswanya. Artinya, hadir sebuah tantangan untuk mengembangkan ide kreatif guru dalam ekosistem pembelajaran. Salah satu cara untuk mewujudkan hal ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Untuk mendukung hal ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Kegiatan Self Learning Pembuatan Video Media Pembelajaran.

Peran Mentor dalam Mendampingi Guru Kreatif

Sebagai mentor dalam kegiatan ini, saya memiliki tugas untuk mendampingi peserta agar dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik. Melalui grup WhatsApp "Mentoring With Yuyus" para peserta aktif berbagi ide kreatif dan saling memberikan inspirasi. Banyak video pembelajaran yang menarik dan inovatif telah dihasilkan dan dibagikan dalam grup ini, menciptakan budaya saling berbagi di antara para peserta.

Menggali Potensi dan Membangun Budaya Belajar Mandiri

Kegiatan ini menunjukkan bahwa banyak guru memiliki ide-ide kreatif yang dapat diwujudkan menjadi media pembelajaran yang efektif. Melalui aplikasi SISTAPRAJA BPSDM, peserta didorong untuk belajar secara mandiri, mengembangkan kemampuan teknis dalam pembuatan video, dan memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Inspirasi dari Kreativitas Peserta

Melihat banyaknya video kreatif yang dihasilkan oleh peserta, saya optimis bahwa guru-guru ini akan dapat memberikan dampak positif bagi siswanya. Dengan guru yang kreatif, siswa pun akan termotivasi untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Kegiatan Self Learning Pembuatan Video Media Pembelajaran ini tidak hanya membekali guru dengan keterampilan teknis, tetapi juga membangun budaya berbagi dan kolaborasi di antara mereka. Dengan dukungan mentor dan semangat belajar mandiri, guru-guru ini siap menjadi agen perubahan di dunia pendidikan. Saya yakin, dengan guru yang keren, siswa pun akan menjadi lebih keren!

Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

16 comments:

  1. Sangat berkesan sekali sehingga dapat menambah ilmu dalam pembuatan video peembelajaran. Terima kasish atas arahan dan bimbingannya semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kami dan Bapak juga Aamiin...

    BalasHapus
  2. Kegiatan mentee sangat memberikan pencerahan bagi saya bagaimana membuat video yg baik..terimakasih atas bimbinganya Pak Yus , semoga bapak selalu sehat dan sukses..

    BalasHapus
  3. Sangat mengesankan jd lebih jelas mau bikin video yg bagus dan mengesankan terimakasih arahan dan ilmu nya bapk

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak yuyus akan bimbingannya, ilmunya sangat bermanfaat untuk saya, sehingga bisa diamalkan dalam pembelajaran di kelas

    BalasHapus
  5. Terima kasih, Pak Yuyus atas pencerahan, ilmu, dan berbagai praktik baiknya tentang pembuatan video pembelajaran. Semoga berkah untuk kami, para pembelajar, dan Bapak beserta keluarga. Aamiin ya rabbal alamin.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah wa syukurillah atas bimbingan dan arahan dari pak Yuyus semakin bertambah ilmu dan pengalaman sebagai bekal untuk saya sebagai pendidik.
    Semoga semakin berkah dan sukses selalu untuk Bapak. Terimakasih Bapak Tabarakallah

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas bimbingan pa Yus sangar memudahkan. Semoga berkah pa🙏

    BalasHapus
  8. Maman Paturohman SMAN 1 SUKABUMI10 Agustus 2024 pukul 14.19

    Satu kata dari sy pak yuyus keren hebat pisan

    BalasHapus
  9. bersyukur sekali bisa memilih pak yus sebagai mentor. menambah ilmu dan pengalaman, dan memberikan saran yang baik. terima kasih banyak pak yuyus

    BalasHapus
  10. Terimakasih pak Yus atas dampingannya,. bayak ilmu yang kami dapat , semoga berkah..

    BalasHapus
  11. Terimakasih Pak Yus, atas semua ilmu yang diberikan dan sarannya.

    BalasHapus
  12. Sangat membantu terimkasih pak yg telah berbagi ilmu smga menjadi ladang pahala amin

    BalasHapus
  13. Sangat membantu dan memfasilitasi penjelasan yg rinci dan quick respon. Terimakasih semoga d balas dengan pahala yang berlipat ganda

    BalasHapus
  14. Sesi mentoring dengan Pak Yus sangat membatu dalam pembuatan video pembelajaran. terima kasih banyak pak 😊

    BalasHapus
  15. Terimakasih Pak Yuyus atas masukannya dalam kegiatan mentoring ini, Alhamdulillah sy dapat merampungkan pembuatan Video pembelajaran ini dengan tepat Waktu.

    BalasHapus
  16. Sangat menginspirasi bagi saya guru bahasa Inggris untuk metode pembelajaran dan model pembelajaran yang menyenangkan agar siswa aktif dan kreatif, terimaksoh pk yus untuk ilmunya

    BalasHapus