Sabtu, 18 Juni 2022

TAU GAK RASANYA KEGIATAN PRA PRODUKSI

Ini hari kedua. Rasanya diluar dugaan. Seperti makan masakan ibu, yg sudah lama tak pernah di santap.

Sudah bisa dibayangkan kan. Sensasi rindu akan kesedapannya. Paduan bumbu yg memberikan rasa bikin lidah reuni dengan rasa yg lama tak jumpa. 

Sabtu, 18 Juni 2022. Ini adalah hari kedua kegiatan bimtek bersama Pusdatin dalam rangka pembuatan video pembelajaran.

Kegiatan yang di gawangi oleh Konsentrasi Keahlian PFPT SMKN 1 Cimahi digelar sejak kemarin.

Hari ini sesi puncak yang mempertemukan kami dengan narasumber keren dari Pusdatin. Ada Pa Majid, Pa Sugianto dan Bu Ari.

Saya sudah menduga. Rasanya akan seperti 3 tahun lalu. Saat mendapat masukan perbaikan media pembelajaran di ajang MembaTIK 2018.

Pandangan Umum

Sesuai expetasi. Pandangan umum yang disampaikan Pa Majid dari Pusdatin banyak memancing ide kreatif untuk bahan video yang akan dibuat.

Beliau menyampaikan. Kalau videonya nanti harus berbeda dengan video pembelajaran umum yang banyak di share di media sosial.

Nantinya, video yang di produksi akan di share di aplikasi Platform Merdeka Mengajar.

Teknik Produksi Video

Apalagi saat topik Teknik Produksi Video di paparkan oleh Pa Sugiono. Banyak banget ilmu baru yang bagi saya sangat kepake saat menyusun ide nanti.

Tidak hanya itu saja. Pa Sugiono juga membahas berbagai tantangan dan masalah serta solusi yang dihadapi nanti saat produksi.

Ini memberikan bekal buat 5 siswa PFPT yang menjadi tim produksi video. Supaya saatnya nanti, sudah tidak terkaget - kaget ketika bertemu dengan berbagi kendala saat produksi video.

Platform Merdeka Mengajar

Karena nantinya video ini akan di upload juga di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Bu Ari memberikan gambaran umum isi fitur PMM. 

Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi. Aplikasinya diperuntukkan bagi guru dan bisa diunduh di Google play store.

Jadi semakin lengkap ilmu yang saya dapat hari ini.

Sesi Diskusi Bareng Tim

Ini yang lebih seru lagi. Saya beserta tim melakukan diskusi. Topik yang dibahas mengenai konsep serta isi video yang akan dibuat.

Saya dan Pa Adi yang jadi narasumber isi konten video yang akan diproduksi. 

Tidak hanya itu saja, konsep umum cara penyajiannya pun, kami berdua yang rancang. 

Ada pun 5 siswa PFPT yang jadi tim produksi. Punya peran untuk mengatur supaya penyajian video lebih kreatif dan unik. Supaya isi materi pelajaran yang akan ditampilkan dalam video bisa menarik perhatian dan mudah dipahami.

Presentasi Naskah

Konsep yang disusun di presentasikan. Banyak masukan dan perbaikan yang disampaikan Tim Pusdatin. 

Ini yang saya rasakan 3 tahun yang lalu. Saat membuat media di ajang MembaTIK 2018.

Masukannya bergizi semua. Jadi nambah ide kreatif dan penyempurnaan konsep yang sedang dirancang.

Pokoknya, hari ini seru banget. Gak kerasa, dari jam 8 pagi sampe menjelang waktu Ashar, ada di dalam kegiatan Pembinaan dan Kerja Sama Komunitas Pengembangan Konten Digital bersama Pusdatin.


Saya Yuyus Wisnurat
Salam Inovasi Salam Implementasi.

Posting Komentar