Selasa, 28 Juni 2022

IHT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMK 3 PGRI CIMAHI

Pandemic C-19 memiliki pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Termasuk pada pembiasaan kehidupan dan kondisi siswa. Sehingga perlu adanya penyesuaian terhadap proses pembelajaran. Supaya anak - anak tetap bisa melakukan pembelajaran.

Salah satu upaya pemerintah dengan memberikan tiga pilihan kurikulum. Kurikulum K13, Kurikulum Darurat dan Kurikulum Merdeka. Saat ini Kurikulum Merdeka menjadi solusi terhadap pemulihan pendidikan. Sehingga banyak sekolah yang menggunakannya. Termasuk SMK PGRI 3 Cimahi.

Hari ini 29 Juni 2022. Bersama guru - guru SMK PGRI bersama - sama untuk membedah dan memahami isi kurikulum merdeka. Supaya dapat diimplementasikan pada pembelajaran di tahun pelajaran 2022-2023.


Pembukaan IHT

Kampus atas SMK PGRI 3 Cimahi. Hmm.. dimana yaa. 

Saya kira, gedungnya tepat disebrang Kantor Pos jalan terusan. Ternyata lokasinya berada di belakang gedung SMK PGRI 3 Cimahi. Untungnya Pa Iwan (Wakasek Kurikulum SMK PGRI 3 Cimahi) stand by di kampus depan. Jadi, ada yang nunjukin ke lokasi kampus atas.

Tepat pukul 08:00. Sesuai dengan agenda kegiatan yang sebelumnya sudah direncanakan. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Cimahi.

Keseruan IHT IKM

Saat masuk area kampus atas. Nampak tak asing dengan beberapa guru. Setelah mendekat, Masya Allah. Ternyata bertemu dengan guru-guru senior SMKN 1 Cimahi. Ada Pa Dwi dan Pa Suryana. Mereka adalah guru luar biasa di SMKN 1 Cimahi.

Tidak hanya itu. SMK PGRI 3 Cimahi punya banyak guru - guru muda. Waahh. Akan bakal seru nih event sharing session hari ini.

Pasalnya. Dimana ada guru muda disitulah terkadang gudang kreatifitas akan hadir. 

Ternyata benar juga. Kritis, antusias, rasa ingin tahu dan spirit membara. Hadir semua dalam kegiatan IHT IKM di SMK PGRI 3 Cimahi.

Guru Beruntung Dapat Give Away

Menjelang penghujung acara. Kegiatan diseminasi saya gelar. Dicarinya tiga guru yang berani menunjukkan capaian kegiatan workshop IKM SMK PGRI 3 Cimahi.

Sesi pertama yang tampil adalah Ibu Wangi. Memaparkan isi proses pembelajaran. Tentang cara mementukan TP. 

Karena keberanian utk mempresentasikan, maka Bu Wangi mendapatkan Give Away dari kegiatan workshop.

Disusul diseminasi ke-2 oleh Ibu Dita. Beliau adalah guru Bhs Inggris. Presentasi yang disajika adalah tentang Modul Ajar.

Sama halnya seperti Bu Wangi, maka Bu Dita mendapatkan Give Away. Selamat Yaa bu.

Paket give away tersisa satu. Maka saya coba untuk memberikan tantangan. Tantangan yg diminta adalah memberikan testimoni kegiatan IHT, yang sudah diselenggarakan selama dua hari.

Akhirnya, Bu Lilis yang berani menerima tantang. 

Karena sudah memberikan testimoni kegiatan. Bu Lilis menjadi peserta ke tiga yang mendapat Give Away.

Referensi Link Penting IKM

Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

3 comments:

  1. terima kasih kang, selalu berbagi terus.

    BalasHapus
  2. Jazakallah Khair pa atas ilmunya, dan motivasi GAnya.. saya inget waktu dulu belajar juga sama bapak, diklat tentang PKK, diajarin ngetik pakai mulut dan meng edit Video.. ilmu yg sampai sekarang saya aplikasikan.. Barokallah pa.. insyaallah jariyah yg mengalir sampai akherat.. Aamiin

    BalasHapus
  3. Jazakallah khair pa yuyus, sudah banyak memberikan ilmu, dan motivasi.. dulu pas diklat PKK saya juga banyak dapet ilmu salah satunya mengetik dg mulut dan mengedit video, yang sampai sekarang saya aplikasikan, semoga menjadi jariyah yang mengalir sampai ke akhirat ya pa.. Aamiin

    BalasHapus