Minggu, 21 Mei 2023

MERUBAH PARADIGMA

Kurikulum merdeka. Jadi perbincangan di satuan pendidikan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Sebelumnya pernah ada kurikulum 2013. Bahkan, beberapa satuan pendidikan masih menggunakannya.

Lantas apa yang menjadi alasan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka?

Tidak Sama Dulu Dengan Sekarang

merubah paradigma

Buku bacaan dan informasi dari guru yang hanya bisa. Media elektronik pun belum secanggih sekarang. Akses informasi pengetahuan masih terbatas dirasan oleh siswa jaman dulu.

Beda dengan sekarang. Semua ada didalam genggaman. Tidak hanya informasi saja. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan saja cukup dengan mengetuk layar HP. Barang kebutuhan akan diantar kerumah.

Kondisi ini membuat percepatan dalam belajar. Siswa tidak lagi bergantung pada buku atau guru untuk mengakses informasi pembelajaran. Mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan beragam cara.

Peran Guru

merubah paradigma

Seperti banjir bandang yang menerjang. Arusnya begitu dahsyat. Hingga akan menyapu apa saja yang dilewatinya.

Begitu pula dengan kemudahan akses informasi saat ini. Informasi apapun bisa didapat dengan mudah dan cepat. Informasi baik atau pun buruk.

Siswa sangat perlu memiliki keterampilan dalam belajar dan mengembangkan potensi dirinya. Terutama dengan perubaha zaman yang dirasa saat ini.

Peran guru sangat penting sebagai pendamping, mentor, fasilitator dan juga motivator. Tidak sedikit siswa terbawa arus dengan informasi yang tidak penting. Sehingga menghambat tugas perkembangan belajar yang harus dilaluinya.

Ubah Paradigma

merubah paradigma

Menyadari akan perbadaan. Mengetahui kondisi dalam kelas. Hingga menemukan strategi mengajar yang sesuai.

Tidak bisa kalau masih menggunakan cara lama. Hanya menggunakan komunikasi satu arah dengan metode ceramah. Tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Apalagi mengevaluasi hanya dengan nilai ulangan akhir saja.

Saatnya mengubah paradigma. Karena cara belajar siswa sudah beda. Cara mereka beragam. Dalam satu kelas aja beda-beda.

Peran guru bukan lagi jadi satu-satunya sumber informasi. Guru punya banyak peran dalam menghadirkan pembelajaran. Karena siswa sekarang lebih cepat mendapat informasi dan juga lebih kritis dalam memandang kondisi.

Seperti dalam modul "Makna Kurikulum dalam Pendidikan" di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Tepatnya pada materi "Tentang Kurikulum". Menggambarkan betapa kritisnya siswa saat ini.

Selengkapnya, yuk simak video nya di bawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/embed/YcCe4iKTpag

Salam Inovasi Salam Implementasi

Posting Komentar