Jumat, 16 November 2018

Menyajikan Quis Model Hidangan Pesta

Ide Awal

Pesta pernikahan di Indonesia memiliki cara khas dalam menjamu tamu. Terutama saat menyajikan hidangan. Biasanya hidangan disajikan dalam satu meja panjang. Tamu undangan tinggal memilih hidangan yang disajikan.

Umumnya kegiatan evaluasi dalam bentuk soal tertulis disajikan dengan cara diberikan lembar soal tersebar kepada masing-masing siswa dalam waktu yang sama.

Skenario Quis

Kali ini untuk memberikan suasana yang berbeda, soal disajikan dengan model hidangan pesta pernikahan. Bukan hanya untuk mendapatkan suasana yang berbeda saja. Model penyajian kuis ini disajikan untuk meningkatkan akurasi dalam penilaian pengetahuan siswa.
Siswa secara bergantian menuju meja yang telah disediakan pertanyaan. Masing-masing pertanyaan dicetak dalam sehelai kertas.
Setiap pertanyaan telah dirancang dapat dikerjakan dalam waktu 3 menit.

Di sesi pertama kelompok siswa yang mendapat giliran pertama akan mengerjakan soal nomor 1 di meja baris pertama selama 3 menit. Kemudian sesi kedua siswa kelompok giliran pertama akan pindah ke meja baris kedua. Untuk mengerjakan soal nomor 2. Sedangkan siswa kelompok kedua akan menduduki meja baris pertama. Untuk mengerjakan soal nomor 1.

Siklus tersebut akan terus mengulang sehingga seluruh siswa selesai menjawab seluruh pertanyaan.
Penyajian model kuis ini saya uji coba kan kepada siswa kelas 12 Teknik Elektronika Komunikasi SMKN 1 Cimahi.

Tayangan video

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas silakan simak video di bawah ini.


Posting Komentar