Senin, 31 Oktober 2022

INSIGHT GROW SENIN PAGI

Senin pagi seluruh ASN dan Non ASN sudah berkumpul di depan halaman kantor dinas pendidikan provinsi Jawa Barat.

Pemandangan rutin ini terus berulang di setiap Senin pagi. Semua karyawan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memiliki kewajiban untuk melaksanakan apel pagi di hari Senin.

Hari Senin ini agak beda dibandingkan dengan hari Senin lainnya. Ada insight menarik yang langsung melekat di dalam ingatan. 

Pak Deden Kepala Bidang PKLK sebagai pembina apel pagi. Menyampaikan pidatonya tentang organisasi yang besar. Kata kunci yang sampaikan saat apel pagi adalah tumbuh dan berkembang.

Dinas pendidikan provinsi adalah sebuah lembaga yang besar. Tentunya untuk bisa menjadi besar harus bisa tumbuh dan berkembang.

Kata tubuh yang dibahas memiliki makna yang sangat dalam. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris tumbuh artinya GROW.

GROW yang dimaksud adalah sebuah akronim.

Mari kita bahas satu persatu.

G artinya Good tim. Sebuah organisasi akan tumbuh dan berkembang di mana ketika di dalamnya ada sebuah tim yang baik.

R artinya Respect. Dalam mengembangkan sebuah organisasi respect sudah menjadi kunci penting yang harus dimiliki oleh setiap anggotanya. Karakter saling membantu dalam mensukseskan tujuan bersama harus dimiliki oleh setiap anggotanya.

O artinya Over limit. Saat diberikan tugas pada tenggang waktu tertentu kadang kita menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Misal pekerjaan itu harus diselesaikan dalam waktu 2 hari. Dan pada umumnya tugas itu diselesaikan dalam waktu 2 hari. Tapi jika menggunakan konsep over limit tentunya tidak perlu 2 hari. Jika bisa lebih cepat kenapa tidak.

W artinya Winners. Dan kata terakhir adalah Winner. Ketika semua tim sudah mengimplementasikan good kimia respeknya dan over limitnya maka organisasi akan mencapai kemenangan untuk menjadi organisasi yang tumbuh dan berkembang.

2 comments:

  1. Keren...berbagi cerita. Trimks ilmunya Mr.Yuyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, seneng banget kalau dapat kunjungan ibu guru hebat ini.
      Insya Allahm Bu Sri, menyemangati untuk budaya menulis.

      Hapus