Jumat, 14 Oktober 2022

SERU SERUAN BARENG GURU SMKN 1 CIMAHI BIKIN VIDEO PEMBELAJARAN ALA TIKTOK

Dua hari. Selasa dan Rabu di tanggal 11 dan 12 bulan Oktober 2022. Akhirnya kembali ketempat yang banyak menyimpan kenangan.

SMKN 1 Cimahi. Tempat pertama kali memulai karya dalam mewarnai dunia pendidikan. Tempat yang memberikan inspirasi untuk melahirkan inovasi. Tempat terasik yang penuh dengan ragam intrik untuk dijadikan ide.


Pengembangan Media Pembelajaran

Salah satu program sekolah pusat keunggulan dalam implementasi kurikulum merdeka adalah mengembangkan media pembelajaran. 

Banyak ragam media pembelajaran yang bisa dibuat sebagai sarana untuk pembelajaran. Bisa dalam bentuk media suara, gambar dan video.

Media pembelajaran dibuat untuk mengfasilitasi perbedaan kebutuhan belajar siswa yang beragam.

Tidak dipungkiri. Setidaknya ada tiga gaya belajar berbeda yang dimiliki setiap siswa. Ada tipe visual, auditorial dan kinestetik.

Kegiatan pengembangan media pembelajaran di SMKN 1 Cimahi, memberikan bekal guru untuk bisa berkreativitas dalam membuat media pembelajaran.


Video Pembelajaran

Fokus media yang dikembangkan dalam kegiatan workshop selama dua hari adalah jenis video pembelajaran.

Selain sedang tenar dan diminati siswa. Media pembelajaran dalam bentuk video memiliki unsur yang bisa mengfasilitasi tiga tipe belajar siswa. Visual, auditorial dan kinestetik.


Implementasi Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran sangat penting. Terutama dalam memilih model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik mata pelajarannya.

Sehingga dalam kegiatan pengembangan media pembelajaran, tidak sekedar membuat video pembelajaran. Peserta dibekali strategi menyajikan pembelajaran dengan konten utama video. Salah satunya dengan konsep CTA (Call to Action).


Video Pembelajaran Ala TikTok

TikTok punya daya tarik tinggi bagi usia remaja. Durasi videonya yang singkat. Musik yang kekinian. Jadi bikin penikmat TikTok mampu berlama - lama melakukan scrolling konten didalamnya.

Video pembelajaran yang dibuat dalam waktu dua hari lamanya, mengadopsi konten seperti kebanyakan di video TikTok.

Perserta ditantang supaya mampu membuat video pembelajaran dengan durasi maksimal 2 menit saja. 

Sebelumnya peserta mendapat bekal dasar mengenai konsep pembuatan video. Termasuk didalam dibahas tentang 3 jenis video pembelajaran. Best practice, Proses pembelajaran, dan Content base.


Karya Guru

Pada akhir kegiatan, semua video pembelajaran yang dibuat oleh peserta, dipublikasikan di laman khusus Infoku SMKN 1 Cimahi. Menjadi portofolio karya guru yang bisa di akses di http://infoku.smkn1-cmi.sch.id/p/karya-guru.html.


Saya Y Wisnurat
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Posting Komentar