Sabtu, 20 Juli 2024

Seminar Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMAN 2 Lembang

Jumat 19 Juli 2024. Saya berkesempatan menjadi pembicara dalam kegiatan In House Training di SMAN 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja tenaga administrasi sekolah (TAS).

Sehingga sudut pandang saya memberikan tema "Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMAN 2 Lembang dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi melalui Pengetahuan Jabatan dan Kompetensi".

Dalam kegiatan ini, saya membahas berbagai aspek terkait jabatan TAS, kompetensi yang diperlukan, serta job description yang relevan.

Berikut adalah beberapa poin penting yang saya sampaikan kepada peserta:

  1. Macam-macam Jabatan TAS
    Merujuk pada Permendikbud nomor 24 tahun 2008 Dalam dunia administrasi sekolah, jabatan TAS dikelompokkan menjadi 3, yaitu : (a) Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/madrasah; (b) Pelaksana Urusan; dan (c) Petugas Layanan Khusus. Setiap jabatan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.
  2. Kompetensi TAS
    Kompetensi merupakan kombinasi antara kepribadian, sosial, teknis dan manajerial yang diperlukan untuk menjalankan tugas dengan baik. Peserta diajak untuk memahami kompetensi yang relevan dengan jabatan masing-masing.
  3. Kualifikasi TAS.
    Kualifikasi adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon tenaga administrasi untuk menduduki suatu jabatan. Ini meliputi pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan tertentu.
  4. Job Description TAS
    Job description adalah dokumen yang menguraikan tugas dan tanggung jawab setiap jabatan. Peserta diajak untuk memahami job description agar dapat melaksanakan tugas dengan efisien.
  5. Pendekatan Pembelajaran Aktif
    Skenario pendekatan kegiatan menggunakan model pembelajaran aktif. Peserta diberikan tantangan untuk mencari informasi tentang jabatan, kualifikasi, dan job description sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Di akhir acara, saya memberikan hadiah kepada tiga peserta yang berani membacakan tugas pokok jabatan, kualifikasi jabatan, dan kompetensi jabatan. Semoga pengetahuan yang didapatkan dapat meningkatkan efisiensi kerja di sekolah dan memberikan dampak positif bagi proses belajar-mengajar.

Terima kasih kepada SMAN 2 Lembang dan semua peserta yang telah berpartisipasi.

Semoga bertemu lagi dalam kegiatan lain.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~
Foto Kegiatan

Posting Komentar