Jumat, 08 Desember 2023

Sharing Session Optimalisasi Kapabilitas Guru SMKN 1 Bogor

Kapabilitas Guru

SMKN 1 Bogor, sebagai lembaga pendidikan menengah kejuruan yang terkemuka di kota, dikenal kaya dengan tradisi pembelajaran yang inovatif. Berlokasi strategis di kota Bogor, sekolah ini dikenal karena memberikan pendidikan yang berkualitas dalam konsentrasi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata dan Multimedia.

Kamis 7 Desember 2023, saya beranjak ke SMKN 1 Bogor untuk memghadiri undangan kegiatan pembinaan optimalisasi kapabilitas guru SMKN 1 Bogor yang akan diselenggarakan pukul 13.00.

Saya datang ke lokasi pada pukul 11.30 disambut dengan hangat oleh Pa Deni dan Ibu Shinya Dewi. Tak disangka, ternyata disana saya bertemu dengan Pa Oja, seorang guru yang pernah mengikuti ajang lomba Atikan Jabar 2019. Pertemuan ini menambah antusias saya, menunjukkan bahwa di SMKN 1 Bogor, memiliki guru yang penuh deangan semangat inovasi dan pengembangan diri.

Sebagai pemantik kegiatan, saya memutuskan untuk memulai dengan memperkenalkan beberapa inisiatif yang pernah saya buat, seperti MUJAREDI dan Mang Abed. MUJAREDI dan Mang Abed adalah hasil karya inovatif yang mencerminkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan praktis. Saya berharap bahwa dengan membagikan pengalaman ini, saya dapat menginspirasi dan merangsang ide-ide baru di kalangan guru-guru SMKN 1 Bogor.

SMKN 1 BOGOR

Selanjutnya, saya menjelaskan sistem evaluasi mutu pendidikan yang terintegrasi, terutama fokus pada Rapor Pendidikan dan Sistem Laporan Aktivitas yang dijalankan melalui aplikasi TRK. Saya menyoroti pentingnya penggunaan teknologi dalam memantau dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam paparan ini, saya memastikan bahwa setiap aspek dari sistem evaluasi tersebut dipahami dengan baik oleh para guru, sehingga implementasinya dapat dilakukan secara efektif.

SMKN 1 BOGOR

Pada akhir presentasi, saya memberikan kesempatan kepada para guru untuk bertanya. Keberhasilan sesi tanya jawab menjadi indikator bahwa paparan yang disampaikan telah membuka wacana dan merangsang minat para guru untuk lebih memahami tugas mereka serta sistem penilaian yang diterapkan. Banyaknya pertanyaan yang diajukan menunjukkan antusiasme dan keingintahuan mereka terhadap pengembangan kapabilitas dan peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Bogor.

Kegiatan pembinaan optimalisasi kapabilitas guru di SMKN 1 Bogor menjadi momen yang membangkitkan semangat kolaborasi dan pengembangan diri di antara para pendidik. Harapannya, upaya ini akan memberikan dampak positif pada pembelajaran dan memberdayakan guru untuk terus berkembang dalam menghadapi dinamika dunia pendidikan yang terus berubah.

SMKN 1 BOGOR
Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam Inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Posting Komentar