Selasa, 17 Mei 2022

SILATURAHMI AKBAR SMKN 1 CIMAHI KEMBALI BERKIBAR

Tanggal 17 Mei, hari ini ini. Nampaknya jadi hari istimewa untuk seluruh warga SMKN Negeri 1 Cimahi. Kebiasaan penuh nilai kekerabatan dan ikatan kekeluargaan, mulai kembali bersinar.

Sebuah acara yang mempertemukan lintas generasi. Pendiri, pengisi dan penerus SMKN 1 Cimahi. Para Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi yang dulu pernah mengemban amanah. Mulai dari Kepala Sekolah pertama STM Pembangunan Bandung (sekarang SMKN 1 Cimahi) sampai dengan Kepala Sekolah aktif yang bertugas saat ini.

Para purna bakti, bapak dan ibu guru yang dulu pernah bertugas. Para purnabakti tata laksana yang dulu pernah mengabdi di SMKN 1 Cimahi. Komite sekolah serta guru-guru SMKN 1 Cimahi. Semua hadir dalam acara kebersamaan Silaturahmi Akbar.

Hampir 2 tahun lebih. Acara ini tidak pernah diselenggarakan. Karena kondisi yang pandemik yang membatasi aktifitas bersama.

Sejak pagi panitia sudah bersiap menyambut para tamu istimewa. Daftar kehadiran, tempat duduk dan berbagai persiapan lainnya dipersiapkan dengan matang. Tidak terlupakan juga hidangan istimewa yang ngangenin, yaitu satu paket seuseupanan (jangung manis, singkong, pisang yang direbus).

Tepat pukul 08.30. Seluruh tamu undangan sudah hadir semua. Acara pun dimulai.

Tahun ini ada formasi pembawa acara yang berbeda. Biasanya, acara Silaturahmi Akbar dipandu oleh pasangan pembawa acara legendaris, Bu Liah dan Bu Linda.

Namun tahun ini, karena Bu Liah sudah memasuki masa purna bakti. Acara Silaturahmi Akbar dipandu oleh Bu Linda dan Bu Hj. Sri Asyiah.

Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Sambutan pertama di sampaikan oleh Bapak H. Agus Nugroho, S.Pd, MT selaku ketua pelaksana kegiatan. Beliau menyampaikan deskripsi kegiatan dan beberapa paparan tentang jumlah undangan yang hadir. Di SMKN 1 Cimahi, beliau menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubin.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi yang memiliki kemiripan nama dengan ketua pelaksana, yaitu bapak Agus. Nama lengkapnya adalah Bapak Agus Priyatmono Nugroho, S.Pd, M.Si. Karena ada kemiripan nama, sehingga beliau memiliki panggilan akrab di SMKN 1 Cimahi, yaitu "Pa Agus PN".

Komite Sekolah SMKN 1 Cimahi, Bapak Drs. Muhajir,M.Pd pun memberikan sambutan dalam acara ini. Ada yang unik diakhir sambutan beliau. Karena kata sambutannya ditutup dengan sebuah pantun yang memberikan pesan mendalam kepada purnabakti SMKN 1 Cimahi. Supaya tetap berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Sambutan terakhir disampaikan Ketua Kantor Cabang Dinas Wilayah VII yang diwakili oleh Ibu Setia Kinasih, M.MPd (Pengawas Pembina SMK Kota Cimah).

Acara inti diisi dengan Tausiah yang disampaikan oleh Mantan Kepala Sekolah pertama STM Pembangunan (sekarang SMKN 1 Cimahi). 

Banyak pesan beliau yang disampaikan. Mulai dari histori STM Pembangunan. Pesan untuk para purnabakti. Hingga pesan untuk guru-guru yang saat ini masih aktif.

Sebuah pendidikan yang kaffah. Salah satu pesan yang beliau sampaikan di dalam isi tausiahnya. Kemudian fungsi guru yang bukan hanya untuk mendidik kemampuan motoriknya atau kemampuan berpikirnya. Tapi pendidikan yang harus membelajarkan siswa supaya mampu menjadi Kholifah di muka bumi. Menjadi generasi yang bisa mengamalkan seluruh potensi dan pengetahuan dalam kehidupan. Sehingga menjadi insan yang berakhlak mulia.

Tausiah yang disampaikan bagaikan sebuah charger yang mengisi daya sebuah handphone. Memberikan energi yang menggerakkan semua fungsi. Sehingga seluruh civitas SMKN 1 Cimahi mendapatkan jalan dan arah terhadap visi dan misi yang sama.

Kebahagiaan tidak sampai disini. Para purnabakti mendapatkan cendera mata, sebagai ikatan keluarga besar yang selamanya akan selalu menjadi keluarga SMKN 1 Cimahi.


Budaya ini yang sejak lama menjadi salah satu cara untuk mengikat keluarga besar SMKN 1 Cimahi. Walau pun sudah menjadi purna bakti, akan tetap menjadi Keluarga Besar SMKN 1 Cimahi.


Kehadiran kepala sekolah yang pernah mengemban tugas di SMKN 1 Cimahi mempertemukan kami semua. Para kepala sekolah terdahulu yang membawa nama baik SMKN 1 Cimahi selalu berjaya.

Sehingga kata "jaya" ini diabadikan dalam Hymne SMKN 1 Cimahi. "Jayalah slalu almamaterku. SMK Negeri 1 Cimahi".


Alhamdulillah acara ini selalu dihadiri oleh tokoh-tokoh sukses. Para pendahulu yang luar biasa dan hebat. Ini jadi energi positif buat generasi muda. Tidak hanya mendengar cerita suksesnya saja. Tapi dapat langsung bertatap wajah. Inilah yang membuat kami kami selalu ingat dengan kisah dan pesannya. Sepertinya melekat kuat didalam ingatan kami semua.

Doa terbaik untuk kita semua.

Semoga Allah SWT selalu menuntun setiap langkah kita dalam mengemban tugas. Allah  berikan kesehatan kepada kita semua. Semoga silaturahmi dapat terus terjalin dan berjumpa dalam Silaturahmi Akbar di tahun mendatang.

Saya Yuyus Wisnurat
Salam Inovasi Salam Implementasi
🙂
🙏

Posting Komentar